Ini Alasan YBM Usulkan Tema ‘Peran Pesantren Dalam Mewujudkan Indonesia Sehat’ dalam Multaqo PULDAPII ke-12

0
14

Al-Umm, Malang – Multaqo PULDAPII ke-12 yang akan diselenggarakan pada hari jum’at hingga ahad (11-13/10/2019) akan mengusung tema “Peran Pesantren Dalam Mewujudkan Indonesia Sehat”, tema tersebut merupakan usulan dari tuan rumah penyelenggara, Yayasan Bina Masyarakat.

KH. Dr. Agus Hasan Bashori, Lc, M.Ag, selaku pimpinan Yayasan Bina Masyarakat menyebutkan ada empat alasan mengapa tema tersebut perlu diangkat dalam multaqo PULDAPII ke-12 ini. Berikut keempat alasan yang disampaikan oleh Kyai Agus kepada redaktur PULDAPII.or.id :

Pertama, melalui multaqo ini kita ingin menyampaikan pesan kepada bangsa Indonesia, bahwa kondisi umum negeri kita ini sedang tidak sehat. Baik secara rohani, jasmani, ekonomi, politik, hukum, pendidikan dan lainnya. Menyadari akan kondisi internal adalah suatu keharusan agar terwujud perbaikan.

Kedua, pesantren memiliki semua potensi untuk menyehatkan kondisi bangsa ini. Baik potensi pendidikan, sosial, agama, keumatan, politik, dan lain sebagainya.

Ketiga, pesantren secara spesifik mampu berperan dalam kesehatan tubuh dan lingkungan hidup masyarakat melalui program WESH (Wisata Edukasi Sanitasi dan Hidroponik) yang dalam hal ini Pesantren Islam Al-Umm telah berhasil mewujudkannya.

Keempat, pengembangan program WESH diharapkan dapat diterapkan oleh anggota PULDAPII secara luas, sehingga setelah Al-Umm menjadi Pesantren pertama yang menerapkan program ini, PULDAPII dapat menjadi Perkumpulan pertama yang menjadi pelopor program WESH ini secara luas.

“itulah yang mendasari kita mengapa perlu mengangkat tema ini dalam multaqo PULDAPII ke-12 kali ini.” Ungkap beliau.

Sebagaimana diketahui, PULDAPII akan menyelenggarakan multaqo ke-12 di Pesantren Islam Al-Umm, Kota Malang, pada jum’at – ahad (11-13/10/2019). Acara ini rencananya akan dihadiri oleh 180 peserta dari 88 lembaga dan dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, Ibu Hj. Dra. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. Selain itu gelaran akbar PULDAPII ini juga mengundang sejumlah pejabat pemerintah kota dan tokoh masyarakat kota Malang.

Reporter : Aminullah Yasin

KIRIM BALASAN

Mohon isi komentar Anda!
Mohon isi nama Anda disini