Enam Pesantren PULDAPII Raih Akreditasi Universitas Islam Madinah Arab Saudi

0
5025

Kaum Muslimin di Indonesia layak bersuka cita setelah pihak Universitas Islam Madinah (UIM) Arab Saudi kembali menetapkan beberapa pesantren yang lolos akreditasi kampus bergengsi di kota suci tersebut pada rentang bulan oktober dan november 2021 ini.

Diantara deretan Pesantren yang baru mendapatkan “pengakuan” dari UIM, enam diantaranya adalah pesantren yang terafiliasi dengan PULDAPII. Keenam pesantren tersebut adalah :

  1. Pesantren Islam Internasinal Al-Andalus, Bogor.
  2. Al-Wafi Islamic Boarding School, Depok.
  3. Future Gate Islamic Boarding School, Bekasi.
  4. Pesantren Al-Lu’lu’ wal Marjan, Magelang.
  5. Pondok Pesantren Ibnu Abbas As Salafy, Sragen.
  6. Pesantren Imam Syafi’i, Aceh.

Akreditasi UIM merupakan program Universitas Islam Madinah yang telah lama digulirkan dengan tujuan adanya verifikasi standar penyelenggaraan Pendidikan di Pesantren dan sekolah Islam diluar negara Arab Saudi dengan beban pembelajaran di UIM. Lembaga yang telah mendapatkan akreditasi artinya telah diakui standar penyelenggaraan Pendidikannya oleh UIM, sehingga alumni lembaga tersebut dapat langsung mendaftar kuliah UIM melalui ijazah dan pengantar lembaga, serta mendapatkan prioritas utama dibandingkan dengan pendaftar dari lembaga yang belum terakreditasi.

Ketua Umum PULDAPII, Ustaz Aslam Muhsin Abidin, Lc, menyatakan sangat bangga dan bahagia dengan capaian pesantren-pesantren PULDAPII yang baru saja menerima ‘penghargaan’ dari UIM berupa mu’adalah (akreditasi), Ustaz Aslam juga terus mendorong pesantren PULDAPII lain untuk melakukan proses akreditasi dengan UIM.

“alhamdulillah, turut bangga dan bahagia atas capaian enam pesantren PULDAPII yang mendapatkan pengakuan akreditasi dari Universitas Islam Madinah. Semoga pesantren lain segera menyusul (mendapatkan akreditasi)” Ucapnya melalui pesan Whatsapp.

Dikonfirmasi terpisah, kepala sekretariat sekaligus wakil sekjen PULDAPII, Ustaz Basuni Iskandar, S.Ag. juga menyampaikan kegembiraannya atas capaian ini.

“kita harus beritakan secara luas capaian ini, sebagai bentuk tahadduts binni’mah (menampakkan atas nikmat Allah) dan tasyji’ (motivasi) bagi yang lain” ungkap Ustaz Basuni dalam WA Group PULDAPII.

Capaian enam pesantren yang mendapatkan akreditasi UIM ini menambah deretan pesantren PULDAPII yang telah mendapatkan akreditasi serupa sebelumnya. Hingga berita ini dirilis, tercatat ada 12 lembaga PULDAPII yang telah mendapatkan akreditasi UIM, yaitu :

  1. Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran Kab. Semarang Jateng (1994)
  2. Ma’had Ihya As Sunnah Tasikmalaya (2015)
  3. Ma’had Al Ukhuwwah Sukoharjo Jateng (2016)
  4. Ma’had Al Ma’tuq Sukabumi Jabar (2017)
  5. Al Binaa Islamic Boarding School Pebayuran Kab. Bekasi Jabar (2017)
  6. Ma’had Ibnu Taimiyah Bogor Jabar (2017)
  7. Al Andalus International Islamic Boarding School Sukadamai Kab. Bogor Jabar (2021)
  8. Al Wafie Islamic Boarding School Depok Jabar (2021)
  9. Future Gate Islamic Boarding School Kota Bekasi Jabar (2021)
  10. Ma’had Ibnu Abbas As Salafy Sragen Jateng (2021)
  11. Ma’had Al Lu’lu’ wal Marjan Magelang Jateng (2021)
  12. Ma’had Imam Syafi’i Aceh (2021)

KIRIM BALASAN

Mohon isi komentar Anda!
Mohon isi nama Anda disini