PULDAPII adalah singkatan dari Perkumpulan Lembaga Dakwah dan Pendidikan Islam Indonesia. Anggota organisasi ini terdiri dari Pondok Pesantren, Yayasan Islam, lembaga dakwah dan media Islam, baik televisi maupun radio. Saat ini jumlah anggota yang sudah terdaftar mencapai 103 lembaga dari seluruh wilayah Indonesia.

“Lembaga ini berdiri pada bulan September 2014, sudah mengadakan pertemuan sebanyak  5 kali,  di Pesantren Al Binaa Bekasi 2 kali, di Pesantren Wadi Mubarok Bogor, di Pesantren Al Irsyad Tengaran dan sekarang disini,” Kata Ketua Dewan Pembina PULDAPII, Ustadz Yusuf Utsman Baisa saat konferensi pers di Aljazeera resto, Polonia, Jakarta Timur, Kamis (29/10/2015)

PULDAPII, kata Ustadz Yusuf, adalah wadah untuk memperjuangkan Islam dengan benar, karena saat ini ada kelompok-kelompok yang ekstrim.

“Ada yang ekstrim kanan seperti pelaku terorisme dan ada yang ekstrim kiri, mereka yang menyepelekan ajaran Islam. Maka kita berada di garis tengah atau moderat,” ujar Ustadz Yusuf.

PULDAPII, lanjut Ustadz Yusuf, akan duduk bersama menyelesaikan masalah-masalah yang keduanya ekstrim itu. “Selesaikan masalah dengan ilmu, kita dalami Islam yang sesungguhnya yang rahmatan lil ‘alamin,” terang Ustadz Yusuf.

Hingga saat ini, mantan Direktur Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran ini menegaskan bahwa PULDAPII sudah melakukan langkah-langkah riil yang bukan sekedar teori.

“Di Nusakambangan, para da’i kita rutin menemui terpidana terorisme untuk berdialog dan meluruskan pemikiran mereka,” papar Ustadz Yusuf.

Sementara itu, Ketua Harian PULDAPII, Ustadz Aslam Muhsin menuturkan, lembaganya ini akan memprioritaskan peningkatan mutu pendidikan.

“Dakwah sudah ada, pendidikan sudah ada, semua sisi sudah ada, kita ingin meningkatkan lagi,” kata Ustadz Aslam.

Terutama, lanjut Ustadz Aslam, adalah meningkatkan mutu dan kualitas alumni pesantren-pesantren yang berada di bawah naungan PULDAPII. “Para alumni kita harus memiliki kompetensi yang unggul,” terang Ustadz Aslam.

Untuk diketahui, PULDAPII adalah sebuah perkumpulan lembaga-lembaga Islam bermanhaj Ahlussunnah wal Jama’ah. Para pendiri dan tokoh yang tergabung dalam lembaga ini adalahasatidzah ternama seperti Ustadz Yusuf Utsman Baisa, Ustadz Aslam Muhsin, Ustadz Abu Qotadah, Ustadz Kholid Syamhudi, Ustadz Agus Hasan Bashori, Ustadz Ali Saman Hasan, Ustadz Nafi’ Zainuddin, Ustadz Abu Bakar Altway dan asatidzah yang lainnya.

Rep: Budi Marta

KIRIM BALASAN

Mohon isi komentar Anda!
Mohon isi nama Anda disini